MEMBANGUN TEAM WORK YANG KUAT MELALUI OUTBOUND

15/01/2009 08:15

MEMBANGUN TEAM WORK YANG KUAT MELALUI OUTBOUND

 

Ibarat alat transportasi, Smanisda adalah kapal besar. Untuk dapat mengendalikannya dengan baik agar di tengah laut bisa berlayar hebat diperlukan kerja sama antartim yang juga sangat kuat. Semua komponen, mulai kepala sekolah, guru, wali kelas, staf administrasi, sampai satpan dan tukang kebun memikul beban yang sama, yaitu menjadikan para penumpangnya, dalam hal ini siswa, nyaman tinggal di dalamnya.

Upaya yang dilakukan agar tujuan itu terwujud adalah dilakukannya outbound secara rutin. Semua unsur penyelenggara sekolah bergabung dalam sebuah tim besar melakukan perubahan pola pikir dari “dilayani” menjadi “melayani”. Yosi, Direktur Ridam Outbound, menyatakan bahwa penanaman kembali kesadaran bahwa bekerja dalam tim akan meringankan beban dilakukan melalui game-game yang menarik dan menantang. Yang penting adalah pemahaman filosofi akan permainan itu yang perlu direnungkan

Outbound semacam ini juga diterapkan pada siswa-siswa kelas akselerasi. Selain itu, siswa juga wajib melakukan kegiatan bakti sosial dengan masyarakat sekitar tempat outbound dilakukan. Hal ini penting mengingat beban belajar mereka jauh lebih berat dibandingkan dengan siswa kelas reguler. Masa belajar tiga tahun harus diselesaikan dalam dua tahun. Persiapan mental juara sangat dibutuhkan, tetapi kepekaan sosial tetap dikedepankan. (ers)

Back

Search site

© 2009 Smanisda Copy Right