Kunjungan Pemkab Barito Kuala di SMAN 1 Sidoarjo

11/02/2009 09:00

Kunjungan Pemkab Barito Kuala di SMAN 1 Sidoarjo

 

Sebanyak dua puluh pejabat dari Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan, Rabu (11/2) berkunjung ke SMAN 1 Sidoarjo (smanisda). Rombongan yang dipimpin Sekkab Supriyono ini beranggotakan beberapa pejabat kabupaten yang terletak di tepi Sungai Barito ini. Ikut di dalamnya Ketua DPRD Kabupaten Barito Kuala beserta beberapa anggota dewan dari perwakilan komisi yang ada.

Sedangkan dari Dinas Pendidikan Kabupaten Sidoarjo hadir Kasubdin Dikmenum, Dr. Hj. Ani Kadarwati, M.Pd., mewakili Kadikkab M.G. Hadi Sutjipto, S.H., M.M.

Drs. Ponadi Abdullah, M.Pd., Kepala Smanisda, dalam sambutannya menyatakan bahwa pendidikan di Smanisda memiliki karakteristik yang berbeda dengan sekolah pada umumnya. Selain melayani berbagai kebutuhan kecerdasan siswa, baik cerdas istimewa (CI) maupun bakat istimewa (BI), sekolah yang letaknya tepat di sebelah jembatan layang Sidoarjo ini juga sedang menerapkan program RSBI.

Layanan siswa yang lain yang dapat dinikmati siswa adalah program akselerasi. Dalam program ini siswa cukup menempuh pembelajaran selama dua tahun.

Menjawab pertanyaan Sekkab Barito Kuala terkait masalah keterlibatan orang tua dalam proses pendidikan di sekolah, Ketua Komite Smanisda, dr. H. Wiyono meyatakan bahwa sekolah tidak dapat berjalan sesuai dengan grand design yang sudah dicanangkan tanpa keterlibatan yang cukup signifikan dari masyarakat. Namun demikian, apabila ada siswa yang berasal dari keluarga tidak mampu, komite akan membebaskannya dari beban uang sekolah yang dimaksudkan. Bahkan, komite juga mengusahakan untuk mendapatkan beasiswa.

Ada satu hal yang membuat rombongan Pulau Borneo ini terkagum dengan Smanisda, yaitu antusiasme belajar siswa yang luar biasa serta kebersihan lingkungan yang relatif terjaga. Mereka berharap hal-hal positif yang ada akan dibawa pulang untuk diaplikasikan pada sekolah-sekolah piloting yang segera dibentuk pada tahun pelajaran yang akan datang. Semoga sukses Barito Kuala! (ers)

Back

Search site

© 2009 Smanisda Copy Right